X

Tuesday, April 9, 2019

Fungsi Toolbar tab menu REFERENCE PADA ms. word 2007

Tools Tab Ms Word | Toolbar Reference Pada Microsoft Word 2007

Dalam makalah atau buku tentu ada yang namanya referensi atau rujukan yang digunakan untuk membantu pembaca untuk menemukan kata atau kalimat yang dicari atau melengkapi kata dengan arti yang di tambahkan, tidak hanya itu dalam membuat makalah atau buku juga terdapat daftar pustaka dimana daftar itu berisi sumber sumber yang digunakan untuk mencari materi untuk makalah atau buku, sumber yang digunakan biasanya dari buku, koran, majalah, dan lainnya namun di zaman teknologi seperti sekarang ini anda juga dapat mencantumkan alamat website yang dijadikan sumber referensi untuk membuat makalah atau buku

Untuk membantu anda dalam mengolah rujukan atau referensi di dalam document Microsoft Word 2007 memiliki tool atau alat yang dapat anda gunakan untuk mengaturnya, anda dapat melihat tool atau alat untuk mengatur referensi pada Tab Reference yang ada pada Ribbon Microsoft Word 2007, pada Tab Reference terdapat tool atau alat yang memiliki berbagai fungsi dan dikelompokkan sesuai dengan fungsinya masing masing

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai kegunaan dari fungsi Tools Tab Ms Word atau Toolbar Reference Pada Microsoft Word 2007 sehingga anda dapat dengan mudah mengatur referensi atau rujukan yang ada pada document, Tab Reference merupakan tab ke empat yang ada pada Ribbon Tab Microsoft Word 2007

mari kita lihat penjelasan mengenai fungsi dari Tools Tab Ms Word | Toolbar Reference Pada Microsoft Word 200

Tools Tab Ms Word | Toolbar Reference Pada Microsoft Word 2007

Untuk memaksimalkan penggunaan software Microsoft Word 2007 tentu anda perlu mengenal fungsi dari tool atau alat yang ada pada Microsoft Word 2007, anda juga dapat memaksimalkan penggunaan tool atau alat pada Microsoft Word 2007 dalam hal membuat daftar referensi atau rujukan yang ada pada makalah atau buku, seperti yang saya sudah jelaskan tadi anda dapat menambahkan referensi atau rujukan dari mana saja baik dari buku, koran, majalah, dan juga website untuk memberi tahu pembaca dari mana materi itu berasal, pada Tab Reference terdapat beberapa group atau kelompok yang mengelompokkan tool atau alat berdasarkan fungsinya sehingga anda tidak perlu bingung kemana harus mencari tool atau alat yang ingin anda gunakan, ada beberapa tool atau alat yang memiliki fungsi yang saling terkait satu sama lain sehingga dalam penggunaannya diperlukan beberapa tool atau alat yang digunakan, pada Tab Reference terdapat 6 buah group tool atau alat yang dikelompokkan berdasasrkan fungsinya masing masing seperti Group Table of ContentsGroup FootnotesGroup Citations & BibliographyGroup CaptionsGroup IndexGroup Table of Authorities, berikut penjelasan dari masing masing group dan juga fungsi dari tool atau alat yang ada pada masing masing group

Tab Reference Ms Word 2007


A. Table Of Contents

Group ini berisi dengan tool atau alat yang dapat anda gunakan untuk membuat tabel dari konten yang ada pada isi halaman document anda, table content ini dapat anda gunakan untuk membuat daftar isi otomatis atau bisa dibilang membuat daftar isi dengan mudah, dengan tool atau alat yang ada pada group Table of Contents anda dapat dengan mudah membuat daftar isi tanpa perlu melihat judul atau sub judul yang ada pada isi halaman keberapa lalu menuliskannya secara manual pada daftar isi hal ini mungkin akan terjadi kesalahan dalam memberikan nomor halaman pada daftar isi, pada group Table of Contents terdapat 3 buat tool atau alat yang dapat anda gunakan


berikut penjelasan dari tool atau alat yang ada pada group Table of Contents
1. Table of Contents
Table of Contents berfungsi untuk membuat tabel data dari judul atau sub judul yang ada pada isi halaman, pada tool atau alat ini terdapat beberapa jenis tabel kontent yang dapat anda gunakan setelah anda menandai judul atau sub judul dengan bantuan Style yang ada pada Tab Home, anda dapat mengubah bentuk tabel of content sesuai dengan keinginan anda 

2. Add Text
Add Text berfungsi untuk menambahkan paragraf kedalam tabel of content sehingga dapat ditandai dengan level 1, level 2, dan level 3 agar dapat terbaca pada tabel of content

3. Update Table
Update Table berguna untuk memperbaharui data dari tabel of content ketika anda melakukan penambahan atau pengurangan dari judul atau sub judul yang anda sudah tandai, ada 2 hal yang di perbarui pada tabel of content yaitu daftar judul atau sub judul yang ditambah dan letak judul atau sub judul berada di halaman ke berapa

B. Footnotes

Group ini berisi dengan tool atau alat yang dapat anda gunakan untuk membuat dan mengatur rujukan atau referensi yang ada pada buku atau halaman, pada buku atau halaman yang lengkap tentu akan ada footnotes atau catatan kaki yang biasanya digunakan untuk membantu menerangkan arti kata kepada pembaca, pada Group Footnotes terdapat 4 buah tool atau alat yang dapat anda gunakan

Tab Reference Ms Word 2007

berikut penjelasan fungsi tool atau alat yang ada pada group Footnotes :
1. Insert Footnote
Insert Footnote berfungsi untuk menambahkan catatan kaki kedalam document dan meletakkannya pada bawah halaman document

2. Insert Endnote
Insert Endnote berfungsi untuk menambahkan catatan kaki pada bawah document memiliki fungsi yang hampir sama dengan Footnote, yang berbeda Insert Endnote digunakan untuk memberikan catatan kaki pada akhir bab

3. Next Footnote
Next Footnte berfungsi untuk mengarahkan atau menunjukkan catatan kaki yang ada pada document sehingga anda tidak perlu bingung untuk mencari catatan kaki secara manual

4. Show Notes
Show Notes berfungsi untuk menunjukkan kata yang ditunjuk mengarah ke catatan kaki, sehingga anda bisa tau pasangan dari nomor dengan catatan kaki

*Footnote and Endnote
Tab Reference Ms Word 2007

anda dapat melihat pengaturan lanjutan dari Footnote pada jendela Footnote and Endnote


C. Citations & Bibliography

Group ini berisi tool atau alat yang dapat anda gunakan untuk mengatur penggunaan daftar pustaka sehingga anda tidak akan lupa dari mana sajakah sumber yang diambil untuk mengisi buku atau makalah yang anda buat, penggunaan daftar pustaka cukup penting karena tentu saja anda memerlukan referensi materi dari buku lain untuk membuat buku anda sendiri dan untuk menjaga hak cipta dari buku yang kita kutip, pada Group Citations & Bibliographymemiliki 4 buah tool atau alat yang dapat anda gunakan untuk mengatur daftar pustaka

Tab Reference Ms Word 2007

berikut penjelasan dari fungsi tool atau alat yang ada pada group Citations & Bibliography
1. Insert Citation
Inser Citation berfungsi untuk memasukkan kutipan pada isi halaman document dimana letak kursor yang kita atur berada

2. Manage Sources
Manage Sources berfungsi untuk mengatur semua kutipan yang ada pada document kita agar anda dapat mengatur kutipan supaya tidak ada kutipan yang ganda termasuk yang sudah ada pada isi halaman document

3. Bibliography Style
Bibliography Style berfungsi untuk mengatur format dari kutipan yang kita masukkan agar daftar kutipan yang anda buat terlihat profesional dan berpengalaman, anda dapat mengatur sesuai dengan keiinginan anda

4. Bibliography
Bibilography berfungsi untuk menambahkan daftar pustaka dari kutipan yang ada karena antara kutipan dengan daftar pustaka memiliki hubungan satu sama lain

D. Captions

Group ini berisi dengan tool atau alat yang berfungsi untuk memberikan keterangan pada gambar, diagram, atau object lain yang ada pada isi halaman document anda, biasanya gambar yang ada pada isi document perlu diberikan catatan agar si pembaca mengerti apa maksud dari gambar tersebut meskipun gambar juga dapat digunakan untuk memperjelas maksud dari isi buku atau makalah yang anda buat, pada Group Captions terdapat 4 buah tool atau alat yang dapat anda gunakan untuk membuat catatan pada gambar


berikut penjelasan dari fungsi tool atau alat yang ada pada group Captions :
1. Insert Caption
Insert Caption berfungsi untuk menambahkan keterangan dari gambar atau ilustrasi yang ada pada isi halaman document anda

2. Insert Table of Figures
Insert Table of Figures berguna untuk menambahkan daftar untuk gambar yang ada pada document agar anda dapat melihat gambar apa saja yang ada pada document anda, dengan daftar ini pembaca tidak perlu bingung untuk mencari gambar yang ada pada document anda

3. Update Tabel
Update Tabel berfungsi untuk memperbarui daftar gambar yang anda buat pada document sehingga anda dapat merubah daftar gambar sesuai dengan kebutuhan anda, secara otomatis Microsoft Word 2007 akan mengurutkan gambar yang anda tambahkan pada document

4. Cross-Reference
Cross-Reference pada group Reference berfungsi untuk menambahkan referensi lain kedalam referensi yang sudah anda buat agar jika ada memiliki kata dengan referensi yang sama maka anda tidak perlu menuliskannya berulang anda cukup menghubungkannya dengan menggunakan tool atau alat Cross-Reference

E. Index

Group ini berisi tool atau alat yang digunakan untuk membuat daftar kata masukkan yang baru pada document sehingga anda dapat membedakan kata lama dengan kata yang baru anda tambahkan kedalam document, pada Group Index terdapat 3 buah tool atau alat yang dapat anda gunakan untuk mengatur kata yang ingin anda Index

Tab Reference Ms Word 2007

berikut penjelasan dari fungsi tool atau alat yang ada pada group Index
1. Mark Entry
Mark Entry berfungsi untuk menandai kata yang baru anda tambahkan kedalam document, sehingga anda dapat membedakan kata lama dengan kata yang baru anda tambahkan

2. Insert Index
Insert Index berguna untuk menambahkan daftar kata yang sudah anda Index ke dalam document sehingga anda tidak perlu mencatat secara manual dan mengingat semua kata yang ingin ditambahkan

3. Update Index
Update Index berfungsi untuk memperbarui daftar kata yang di Indexkan sehingga anda dapat merubah daftar Index sesuai dengan kebutuhan


F. Table of Authorities

Group ini berisi dengan tool atau alat yang dapat anda gunakan untuk membantu anda untuk menandai dan menambahkan kata atau kalimat kutipan ke dalam daftar authorities, pada group Table of Authorities terdapat 3 buah tool atau alat yang dapat anda gunakan untuk mengatur daftar authorities

Tab Reference Ms Word 2007

berikut penjelasan dari fungsi tool atau alat yang ada pada group Table of Authorities
1. Mark Citation
Mark Citation berfungsi untuk menandai kata atau kalimat yang akan di masukkan ke dalam Table of Authorities

2. Insert Table of Authorities
Insert Table of Authorities berguna untuk menambahkan daftar Table of Authorities ke dalam document

3. Update Table
Update Table berfungsi untuk memperbarui daftar Table of Authorities yang sudah anda buat

untuk selanjutnya anda dapat melihat Fungsi Tab Mailings Ms Word 2007
Sekian penjelasan mengenai fungsi dari Tools Tab Ms Word | Toolbar Reference Pada Microsoft Word 2007 semoga bermanfaat untuk anda terima kasih ^_^

No comments:

Post a Comment

MI Modern Al-Hidayah