X

Saturday, November 17, 2018

Profile MI Modern Al-Hidayah Timika

MI Modern Al-Hidayah

Alamat : di Jln. Kenari No. 106 RT.003/RW.001 SP4 Jalur 3 Kel. Wonosari Jaya, Kab. Mimika, Propinsi Papua.

Sekolah Madrasah Ibtidaiyah pertama di daerah SP4.


Harapan kami semoga sekolah ini dapat menjadi pilihan utama khususnya bagi masyarakat SP4, SP1 dan Mapurujaya untuk menyekolahkan anak mereka di tempat kami ini. 

lokasi aman, nyaman dan jauh dari keramaian. yang dapat membuat anak didik kami fokus dalam belajar tanpa adanya gangguan yang berarti. 

Sekolah ini dibawah naungan Yayasan Al-Hidayah Timika

A.     VISI dan MISI MADRASAH
1.          Visi
         Menjadi lembaga pendidikan sekolah Islam yang handal dalam mengantar santriwan-santriwati berakhlak mulia, berpengetahuan, mandiri, terampil dalam hidup dan siap memasuki jenjang  pendidikan selanjutnya.

2.         Misi
a.      Terwujudnya lembaga pendidikan swasta yang bermutu
b.      Menyelenggarakan pendidikan Sekolah Islam Modern yang mampu memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, sikap mandiri dan akhlak mulia, serta siap memasuki pendidikan yang lebih tinggi.
c.       Menerapkan sistem manajemen pendidikan islam yang berkesinambungan.
d.  Menerapkan strategi  pembelajaran yang menyenangkan, efektif dan kreatif yang bernuansa Islami.
e.  Terwujudnya Lulusan MI yang memiliki Dasar IPTEK /Komputer sesuai kebutuhan zaman
f.   Terwujudnya lembaga pendidikan yang terjangkau dan membanggakan bagi masyarakat luas



B.     Tujuan Madrasah
Mencermati kebutuhan tentang dunia pendidikan Agama yang ada di Madrasah di Kelurahan Wonosari Jaya Distrik Wania dan berdasarkan data yang sampai dengan Tahun 2018  tentang siswa dan kesempatan siswa untuk memperoleh layanan pembelajaran yang memadai, maka banyak hal yang akan memerlukan Madrasah yang mudah diakses dari berbagai penjuru dan meringankan biaya sekolah bagi keluarga yan tidak mampu dan tidak terlepas dari kepedulian dari Instansi terkait, untuk mendapat Surat Izin Operasional dalam mencapai tujuan demi peningkatan mutu pembelajaran Agama Islam, secara terperinci tujuan pendirian Madrasah Ibtidaiyah Modern Al-Hidayah Sebagai Berikut :
1.      Mempermudah Masyarakat Mendapatkan   pendidikan  yang bernuansa Agama
2.      Merperdekat jarak santriwan-santriwati dalam menempuh perjalanan ke Madrasah.
3.      Meningkatkan Sumber Daya Manusia khususnya lingkungan sekitar Madrasah
4.      Menciptakan budaya Madrasah yaitu budaya Islami
5.      Membentuk karakter  yang berwawasan Imtaq dan Iptek dalam persaingan Gobalisasi.
6.      Tercapainya lulusan MI 100%.

C.    Bentuk dan Nama Madrasah
Bentuk dari Madrasah ini berbentuk sekolah Agama yang mana muatan Pembelajaran Agama Seperti Fiqih, Al-Qur’an Hadits, SKI, Aqidah Akhlak dan Bahasa Arab mencapai 40 % dan pelajaran Umum Mencapai 60%.
Sangat  berbeda dari Sekolah Dasar (SD) yang umumnya berdiri yaitu dengan muatan Pelajaran Agama Islamnya Hanya 2 Jam Pelajaran (2x35 Menit) per Minggu, sehingga peserta didik sangat kurang mendapatkan Pendidikan Agama Sehingga akan berpengaruh Kepada Generasi Muda yang akan datang.
 Jenjang  madrasah ini setingkat dengan Sekolah Dasar (SD) yang umumnya Peserta Didik yang Masuk Kesekoah ini Berumur 6,5 Tahun sampai 9 tahun untuk Kelas I sesuai dengan peraturan Pemerintah
1.      Rencana nama madrasah.
Lembaga pendidikan formal yang diberi nama Madrasah Ibtidaiyah Modern Al-Hidayah yang selanjutnya disingkat MI Modern Al-Hidayah.
Madrasah Ibtidaiyah berlokasi di bawah naungan YASOPA AL-HIDAYAH TIMIKA Kelurahan Wonosari Jaya Distrik Wania Kabupaten Mimika - Papua.
Pada prinsipnya Madrasah Ibtidaiyah Modern Al-Hidayah telah beroperasi dari tahun 2014 dan telah berupaya menyusun dan melaporkan Kekantor Kementerian Agama Agar mendapat Legalitas Resmi  walaupun secara prosedural idzin opertasional belum turun.

Nama Madrasah Ibtidaiyah (MI) kami beri nama “Modern Al-Hidayah “ yang artinya cahaya ilmu terbaru, dengan harapan kami nantinya MI akan menjadi sumber pencerahan dalam memperoleh ilmu pengetahuan, dan sangat diminati sehingga akan menjadi yang terdepan dalam proses pembelajaran dan kualitas peserta didik.
Membina dan mengantarkan rakyat Indonesia pada umumnya dan masyarakat sekitar pada khususnya pada jenjang pendidikan yang lebih bermutu, berwawasan luas, berakhlaqul karimah dalam rangka usaha mencerdaskan kehidupan anak bangsa dan tercapainya tujuan pendidikan nasional.
2.      Logo dan slogan madrasah.
Jenjang Madrasah Yang Akan Didirikan     : Madrasah Ibtidaiyah
Nama Madrasah Yang Diusulkan                : MI Modern Al-Hidayah
Bentuk Logo                                                 :
Logo MI Modern Al-Hidayah




3.      Penjelasan  tentang arti filosofisnya
1.            Lima Sudut melambangkan shalat lima waktu dan rukun islam
2.            Padi dan Kapas melambangkan kesucian dan kemakmuran
3.            Bintang Besar di atas melambangkan cahaya yang selalu bersinar dan tidak pernah padam.
4.            Jumlah 3 Bintang melambangkan menanamkan kepedulian santriwan-santriwati dalam ber infaq, sodakoh dan zakat.
5.            Masjid melambangkan mengingatkan kepada santriwan untuk selalu memakmurkan tempat ibadah(masjid).

4.      Warna Lambang MI Modern Al-Hidayah :
1.            Warna Putih pada Kapas Mencerminkan kesucian dan kebersihan
2.            Warna Kuning pada Padi Mencerminkan kebersamaan dan kesejahteraan.
3.            Warna Hijau mencerminkan keinginan yang kuat dalam menuntut ilmu.
4.            Warna Hitam mencerminkan keberanian, kekuatan dan keteguhan hati.
5.            Warna Biru mencerminkan ketenangan hati dan keteguhan iman.

D.    Gambaran Kondisi Tata Ruang Lokasi Madrasah
Tata ruang madrasah yang baik tidak mesti identik dengan sekolah unggulan atau sekolah mahal. Akan tetapi lingkungan madrasah yang baik dapat menunjang proses belajar mengajar di sekolah dengan keadaan yang nyaman dan aman. Untuk merealisasikannya tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Meskipun suatu sekolah mempunyai keterbatasan keuangan dengan langkah yang sederhana hal tersebut dapat diwujudkan. Contohnya menjaga kebersihan dilingkungan sekolah serta menata halaman sekolah senyaman mungkin. Dari penataan ruang sekolah yang teratur, asri dan bersih diharapkan anak didik dapat mengembangkan diri menata ruang di keluarga masing-masing dengan hal yang sama. Kebiasaan ini diharapkan dapat memberntuk perkembangan dan karakter anak yang memiliki kesadaran pada tata ruangnya.
Kondisi fisik sekolah harus memperhatikan dan mendukung kesehatan fisik mental dan sosial anak. Karena itu pada sisi fisik sekolah harus dirancang sedemikian rupa agar tata letak lokasi dan kondisi bangunan yang asri dan menyenangkan. Peralatan dan sanitasi sekolah harus memenuhi syarat kesehatan, kenyamanan dan keamanan bagi warga sekolah. Dari sisi mental, sekolah harus memberikan pengalaman yang menyenangkan dan menggembirakan. Dari sisi sosial sekolah harus menyediakan ruang bagi santriwan-santriwati untuk berinteraksi dengan sesama teman, guru dan warga sekolah lainnya. Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan adalah semua perangkat peralatan, bahan dan perabot yang secara langsung maupun tidak langsung digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.
Adapaun prasarana pendidikan adalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah. Bagi para santriwan-santriwati, tentunya kegiatan belajar mengajar memerlukan lingkungan pekarangan sekolah yang aman, nyaman, bersih dan asri. Adapun tata ruang yang diterapkan di MI Modern Al-Hidayah diantaranya :
1.     Potensi di lingkungan Madrasah yang diharapkan mendukung program Madrasah
a.        Lingkungan Intern
1)        Jumlah guru dan kualitas yang baik
2)        Terletak pada lokasi yang jauh dari keramaian sehingga sangat kondusif untuk sarana pembelajaran
3)        Situasi Madrasah cukup aman, nyaman dan menyenangkan
4)        Motivasi santriwan-santriwati dan guru cukup tinggi
b.       Lingkungan Eksternal
1)        Kepedulian orang tua, dan masyarakat sekitar madrasah cukup tinggi
2)        Dukungan orang tua  dan komite sekolah sangat baik
3)        Hubungan dengan lintas sektoral dan instansi terkait cukup baik

2.      Ruang Kelas
a.      Ruang kelas diupayakan tidak terlalu padat, sehingga masih memungkinkan santriwan-santriwati bergerak secara leluasa.
b.      Setiap ruang kelas sebaiknya dilengkapi dengan daun pintu menghadap ke luar sehingga dalam keadaan darurat santriwan-santriwati dapat cepat keluar.
c.        Luas jendela dan pentilasi udara minimal 20% dari luas lantai, sehingga memungkinkan perputaran udara secara terus menerus. Apabila ruang kelas ber AC maka jendela harus tertutup rapat.
d.       Warna dinding kelas diupayakan tidak hanya satu warna saja, tapi bervariasi.
e.      Jarak papan tulis dengan bangku paling depan minimal 2 meter.
f.        Penerangan dalam kelas diupayakan memanfaatkan sinar matahari secara langsung yang datang dari dua arah, yaitu arah kiri dan arah kanan.
g.      Ruang kelas harus bersih, rapi, nyaman dan serasi.

3.      Halaman Sekolah
a.      Halaman harus selalu kering dan rata, serta mempunyai pengaliran air yang baik.
b.      Halaman sekolah ditanami rumput yang selalu dipotong pendek dan juga ditanami pohon yang rindang.
c.       Jika halaman cukup luas bisa disediakan kolam ikan atau kebun sekolah.
d.      Halaman sekolah harus bersih dari segala macam jenis sampah organik maupun nonorganik.
e.      Resapan air dan saluran drainase air hujan untuk menunjang kebersihan, kesehatan dan konservasi air tanah.
4.      Kamar Mandi/WC
a.      Tersedia fentilasi yang memungkinkan terjadinya pertukaran udara terus menerus.

b.      Tersedia penarangan listrik yang cukup.
c.       Kamar mandi atau WC Pria dan Wanita terpisah dengan tanda yang jelas.
d.      Jumlah kamar mandi/WC cukup bagi warga sekolah, sehingga tidak terjadi antrian yang sangat panjang.
e.      Kedap air, tidak terdapat sudut-sudut tajam, dinding tidak berlumut, selalu tersedia air pada bak/ember, tidak terdapat genangan air pada lantai sehingga lantai tidak retak.
f.        Jika tempat untuk membuang kotoran adalah septiteng, maka dirancang kedap air, sehingga tidak sampai mencemari sumur sekitar.
g.      Kamar mandi / WC tidak bau tak sedap dan terlihat bersih dari segala kotoran  dari binatang-binatang pengganggu (lalat, nyamuk, kecoak dll).
h.      Melakukan penghematan air dengan menutup keran jika tidak digunakan.
i.        Tersedia pembersih atau alat pembersih disetiap kamar madi / wc yang tertutup.
5.      Tempat Sampah
a.      Tersedia di setiap ruangan dan di halaman sekolah.
b.      Tempat sampah berukuran besar, tertutup dan terpilah (organik dan anorganik).
c.       Tersedia tempat pembuangan sampah sementara (TPS) yang tertutup untuk menampung sampah dari tempat sampah lainnya.

E.     Master Plan Pengembangan Madrasah ke Depan

F.     Gambaran Kondisi Geografis Lokasi Madrasah
MI Modern Al-Hidayah berada di Jalan Kenari No. 105 RT.03/RW.01 Jalur 3 Sp4 Desa Wonosari Jaya, Distrik Wania Kab. Mimika Provinsi Papua serta terletak pada jalur strategis karena merupakah salah satu jalur lintas yang selalu ramai dilalui kendaraan setiap harinya.
Jarak dari sekolah ke pusat pemerintahan daerah ± 10 km, sedangkan jarak menuju ke pemerintahan kecamatan/distrik sangat dekat ± 400 meter.

Kondisi Sosial Sekolah
MI Modern Al-Hidayah berada di wilayah jantung kota Mimika tepatnya di Jalan Kenari No. 105 RT.03/RW.01 Jalur 3 Sp4 Desa Wonosari Jaya, Distrik Wania Kab. Mimika Provinsi Papua. Tempat tinggal para santriwan-santriwati cukup dekat dengan lokasi sekolah karena mayoritas santriwan-santriwati MI Modern Al-Hidayah berdomisili disekitar Madrasah. Dan orang tua mengantar anaknya ke sekolah menggunakan kendaraan sepeda motor.

(Denah Lokasi Madrasah Ibtidaiyah Modern Al-Hidayah Timika)

Liat Peta Sekolah di sini

MI Modern Al-Hidayah