MI Modern Al-Hidayah
Alamat : di Jln. Kenari No. 106 RT.003/RW.001 SP4 Jalur 3 Kel. Wonosari Jaya, Kab. Mimika, Propinsi Papua.
A.
VISI dan
MISI MADRASAH
1.
Visi
Menjadi
lembaga pendidikan sekolah Islam yang handal dalam mengantar santriwan-santriwati
berakhlak mulia, berpengetahuan, mandiri, terampil dalam hidup dan siap
memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.
2.
Misi
a.
Terwujudnya lembaga pendidikan swasta yang
bermutu
b.
Menyelenggarakan pendidikan Sekolah Islam Modern
yang mampu memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, sikap mandiri dan akhlak
mulia, serta siap memasuki pendidikan yang lebih tinggi.
c.
Menerapkan sistem manajemen pendidikan islam
yang berkesinambungan.
d. Menerapkan strategi pembelajaran yang menyenangkan, efektif dan kreatif
yang bernuansa Islami.
e. Terwujudnya Lulusan MI yang memiliki Dasar
IPTEK /Komputer sesuai kebutuhan zaman
f. Terwujudnya lembaga pendidikan yang
terjangkau dan membanggakan bagi masyarakat luas
B.
Tujuan Madrasah
Mencermati kebutuhan tentang dunia pendidikan Agama
yang ada di Madrasah di Kelurahan Wonosari Jaya Distrik Wania dan berdasarkan
data yang sampai dengan Tahun 2018
tentang siswa dan kesempatan siswa untuk memperoleh layanan pembelajaran
yang memadai, maka banyak hal yang akan memerlukan Madrasah yang mudah diakses
dari berbagai penjuru dan meringankan biaya sekolah bagi keluarga yan tidak
mampu dan tidak terlepas dari kepedulian dari Instansi terkait, untuk mendapat
Surat Izin Operasional dalam mencapai tujuan demi peningkatan mutu pembelajaran
Agama Islam, secara terperinci tujuan pendirian Madrasah Ibtidaiyah Modern
Al-Hidayah Sebagai Berikut :
1. Mempermudah
Masyarakat Mendapatkan pendidikan yang bernuansa Agama
2. Merperdekat
jarak santriwan-santriwati dalam menempuh perjalanan ke
Madrasah.
3. Meningkatkan
Sumber Daya Manusia khususnya lingkungan sekitar Madrasah
4. Menciptakan
budaya Madrasah yaitu budaya Islami
5. Membentuk
karakter yang berwawasan Imtaq dan Iptek
dalam persaingan Gobalisasi.
6. Tercapainya
lulusan MI 100%.
C.
Bentuk dan Nama Madrasah
Bentuk dari Madrasah
ini berbentuk sekolah Agama yang mana muatan Pembelajaran Agama Seperti Fiqih,
Al-Qur’an Hadits, SKI, Aqidah Akhlak dan Bahasa Arab mencapai 40 % dan
pelajaran Umum Mencapai 60%.
Sangat berbeda dari Sekolah Dasar (SD) yang umumnya
berdiri yaitu dengan muatan Pelajaran Agama Islamnya Hanya 2 Jam Pelajaran
(2x35 Menit) per Minggu, sehingga peserta didik sangat kurang mendapatkan
Pendidikan Agama Sehingga akan berpengaruh Kepada Generasi Muda yang akan
datang.
Jenjang
madrasah ini setingkat dengan Sekolah Dasar (SD) yang umumnya Peserta
Didik yang Masuk Kesekoah ini Berumur 6,5 Tahun sampai 9 tahun untuk Kelas I
sesuai dengan peraturan Pemerintah
1.
Rencana nama
madrasah.
Lembaga pendidikan
formal yang diberi nama Madrasah Ibtidaiyah Modern Al-Hidayah yang selanjutnya
disingkat MI Modern Al-Hidayah.
Madrasah Ibtidaiyah
berlokasi di bawah naungan YASOPA AL-HIDAYAH TIMIKA Kelurahan Wonosari
Jaya Distrik Wania Kabupaten Mimika - Papua.
Pada prinsipnya
Madrasah Ibtidaiyah Modern Al-Hidayah telah beroperasi dari tahun 2014 dan
telah berupaya menyusun dan melaporkan Kekantor Kementerian Agama Agar mendapat
Legalitas Resmi walaupun secara
prosedural idzin opertasional belum turun.
Nama Madrasah
Ibtidaiyah (MI) kami beri nama “Modern Al-Hidayah “ yang artinya cahaya ilmu
terbaru, dengan harapan kami nantinya MI akan menjadi sumber pencerahan
dalam memperoleh ilmu pengetahuan, dan sangat diminati sehingga akan menjadi
yang terdepan dalam proses pembelajaran dan kualitas peserta didik.
Membina dan
mengantarkan rakyat Indonesia pada umumnya dan masyarakat sekitar pada
khususnya pada jenjang pendidikan yang lebih bermutu, berwawasan luas,
berakhlaqul karimah dalam rangka usaha mencerdaskan kehidupan anak bangsa dan
tercapainya tujuan pendidikan nasional.
2.
Logo dan slogan
madrasah.
Jenjang Madrasah Yang
Akan Didirikan : Madrasah Ibtidaiyah
Bentuk Logo :
3.
Penjelasan tentang arti filosofisnya
1.
Lima Sudut
melambangkan shalat lima waktu dan rukun islam
2.
Padi dan Kapas
melambangkan kesucian dan kemakmuran
3.
Bintang Besar di atas
melambangkan cahaya yang selalu bersinar dan tidak pernah padam.
4.
Jumlah 3 Bintang
melambangkan menanamkan kepedulian santriwan-santriwati dalam ber infaq,
sodakoh dan zakat.
5.
Masjid melambangkan
mengingatkan kepada santriwan untuk selalu memakmurkan tempat ibadah(masjid).
4.
Warna Lambang MI Modern
Al-Hidayah :
1.
Warna Putih pada
Kapas Mencerminkan kesucian dan kebersihan
2.
Warna Kuning pada Padi
Mencerminkan kebersamaan dan kesejahteraan.
3.
Warna Hijau
mencerminkan keinginan yang kuat dalam menuntut ilmu.
4.
Warna Hitam
mencerminkan keberanian, kekuatan dan keteguhan hati.
5.
Warna Biru
mencerminkan ketenangan hati dan keteguhan iman.
D.
Gambaran Kondisi Tata Ruang Lokasi Madrasah
Tata ruang madrasah yang baik tidak mesti identik
dengan sekolah unggulan atau sekolah mahal. Akan tetapi lingkungan madrasah
yang baik dapat menunjang proses belajar mengajar di sekolah dengan keadaan
yang nyaman dan aman. Untuk merealisasikannya tidak harus mengeluarkan biaya
yang mahal. Meskipun suatu sekolah mempunyai keterbatasan keuangan dengan
langkah yang sederhana hal tersebut dapat diwujudkan. Contohnya menjaga
kebersihan dilingkungan sekolah serta menata halaman sekolah senyaman mungkin.
Dari penataan ruang sekolah yang teratur, asri dan bersih diharapkan anak didik
dapat mengembangkan diri menata ruang di keluarga masing-masing dengan hal yang
sama. Kebiasaan ini diharapkan dapat memberntuk perkembangan dan karakter anak
yang memiliki kesadaran pada tata ruangnya.
Kondisi fisik sekolah harus memperhatikan dan
mendukung kesehatan fisik mental dan sosial anak. Karena itu pada sisi fisik
sekolah harus dirancang sedemikian rupa agar tata letak lokasi dan kondisi
bangunan yang asri dan menyenangkan. Peralatan dan sanitasi sekolah harus
memenuhi syarat kesehatan, kenyamanan dan keamanan bagi warga sekolah. Dari
sisi mental, sekolah harus memberikan pengalaman yang menyenangkan dan
menggembirakan. Dari sisi sosial sekolah harus menyediakan ruang bagi
santriwan-santriwati untuk berinteraksi dengan sesama teman, guru dan warga
sekolah lainnya. Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan adalah semua perangkat
peralatan, bahan dan perabot yang secara langsung maupun tidak langsung
digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.
Adapaun prasarana pendidikan adalah semua perangkat
kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang pelaksanaan proses pembelajaran
di sekolah. Bagi para santriwan-santriwati, tentunya kegiatan belajar mengajar
memerlukan lingkungan pekarangan sekolah yang aman, nyaman, bersih dan asri.
Adapun tata ruang yang diterapkan di MI Modern Al-Hidayah diantaranya :
1.
Potensi
di lingkungan Madrasah yang diharapkan mendukung program Madrasah
a.
Lingkungan
Intern
1)
Jumlah guru dan kualitas yang baik
2)
Terletak pada lokasi yang jauh dari keramaian
sehingga sangat kondusif untuk sarana pembelajaran
3)
Situasi Madrasah cukup aman, nyaman dan menyenangkan
4)
Motivasi santriwan-santriwati dan guru cukup
tinggi
b.
Lingkungan
Eksternal
1)
Kepedulian orang tua, dan masyarakat sekitar madrasah
cukup tinggi
2)
Dukungan orang tua dan komite sekolah sangat baik
3)
Hubungan dengan lintas sektoral dan instansi
terkait cukup baik
2.
Ruang Kelas
a.
Ruang kelas diupayakan tidak terlalu padat,
sehingga masih memungkinkan santriwan-santriwati bergerak secara leluasa.
b.
Setiap ruang kelas sebaiknya dilengkapi
dengan daun pintu menghadap ke luar sehingga dalam keadaan darurat santriwan-santriwati dapat cepat keluar.
c.
Luas jendela dan pentilasi udara minimal 20% dari
luas lantai, sehingga memungkinkan perputaran udara secara terus menerus.
Apabila ruang kelas ber AC maka jendela harus tertutup rapat.
d.
Warna dinding
kelas diupayakan tidak hanya satu warna saja, tapi bervariasi.
e.
Jarak papan tulis dengan bangku paling depan minimal
2 meter.
f.
Penerangan dalam kelas diupayakan memanfaatkan sinar
matahari secara langsung yang datang dari dua arah, yaitu arah kiri dan arah
kanan.
g.
Ruang kelas harus bersih, rapi, nyaman dan serasi.
3.
Halaman
Sekolah
a.
Halaman harus selalu kering dan rata, serta
mempunyai pengaliran air yang baik.
b.
Halaman sekolah ditanami rumput yang selalu
dipotong pendek dan juga ditanami pohon yang rindang.
c.
Jika halaman cukup luas bisa disediakan kolam
ikan atau kebun sekolah.
d.
Halaman sekolah harus bersih dari segala
macam jenis sampah organik maupun nonorganik.
e.
Resapan air dan saluran drainase air hujan
untuk menunjang kebersihan, kesehatan dan konservasi air tanah.
4.
Kamar
Mandi/WC
a.
Tersedia fentilasi yang memungkinkan
terjadinya pertukaran udara terus menerus.
b.
Tersedia penarangan listrik yang cukup.
c.
Kamar mandi atau WC Pria dan Wanita terpisah
dengan tanda yang jelas.
d.
Jumlah kamar mandi/WC cukup bagi warga
sekolah, sehingga tidak terjadi antrian yang sangat panjang.
e.
Kedap air, tidak terdapat sudut-sudut tajam,
dinding tidak berlumut, selalu tersedia air pada bak/ember, tidak terdapat
genangan air pada lantai sehingga lantai tidak retak.
f.
Jika tempat untuk membuang kotoran adalah
septiteng, maka dirancang kedap air, sehingga tidak sampai mencemari sumur
sekitar.
g.
Kamar mandi / WC tidak bau tak sedap dan
terlihat bersih dari segala kotoran dari
binatang-binatang pengganggu (lalat, nyamuk, kecoak dll).
h.
Melakukan penghematan air dengan menutup
keran jika tidak digunakan.
i.
Tersedia pembersih atau alat pembersih
disetiap kamar madi / wc yang tertutup.
5.
Tempat Sampah
a.
Tersedia di setiap ruangan dan di halaman
sekolah.
b.
Tempat sampah berukuran besar, tertutup dan
terpilah (organik dan anorganik).
c.
Tersedia tempat pembuangan sampah sementara
(TPS) yang tertutup untuk menampung sampah dari tempat sampah lainnya.
E.
Master Plan Pengembangan Madrasah ke Depan
F.
Gambaran Kondisi Geografis Lokasi Madrasah
MI Modern Al-Hidayah berada di Jalan Kenari No. 105
RT.03/RW.01 Jalur 3 Sp4 Desa Wonosari Jaya, Distrik Wania Kab. Mimika Provinsi
Papua serta terletak pada jalur strategis karena merupakah salah satu jalur
lintas yang selalu ramai dilalui kendaraan setiap harinya.
Jarak dari sekolah ke pusat pemerintahan daerah ± 10
km, sedangkan jarak menuju ke pemerintahan kecamatan/distrik sangat dekat ± 400
meter.
Kondisi
Sosial Sekolah
MI Modern Al-Hidayah berada di wilayah jantung kota
Mimika tepatnya di Jalan Kenari No. 105 RT.03/RW.01 Jalur 3 Sp4 Desa Wonosari
Jaya, Distrik Wania Kab. Mimika Provinsi Papua. Tempat tinggal para
santriwan-santriwati cukup dekat dengan lokasi sekolah karena mayoritas
santriwan-santriwati MI Modern Al-Hidayah berdomisili disekitar Madrasah. Dan
orang tua mengantar anaknya ke sekolah menggunakan kendaraan sepeda motor.
No comments:
Post a Comment